Jumat, 19 Juli 2013

Perlunya pemijatan pada bayi




Masa pertumbuhan bayi adalah masa di mana orangtua harusnya melakukan perawatan yang lebih intensif dan selektif kepada hal-hal yang berhubungan dengan buah hatinya. Saat-saat seperti inilah orangtua dapat lebih mendekatkan kasih sayangnya demi untuk perkembangan/pertumbuhan bayinya, baik untuk pertumbuhan dari segi tubuh maupun dari perkembangan IQ-nya. Pemijatan bayi bisa dikatakan suatu cara yang dapat dilakukan orangtua terkhusus Ibu untuk kebaikan pada sang buah hati. Dengan cara yang sederhana ini ternyata banyak membawa kemanfaatan bagi bayi tersebut, bahkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh dr. Vickers dkk (2004) sebanyak 131 penelitian mengenai pijat bayi mengemukakan bahwa tidak adanya efek samping yang ditimbulkan dari pemijatan bayi. Tentunya pemijatan haruslah dengan cara yang benar dan di waktu yang tepat bukan asal-asalan.

Rangsangan tangan seorang Ibu kepada bayinya saat melakukan pemijatan merupakan keadaan yang paling nyaman bagi sang bayi. Rangsangan tangan tersebut dapat mengeluarkan hormon endorfin bagi bayi, berfungsi membuat rasa rileks, menghilangkan rasa lelah atau sakit yang mungkin dirasakan oleh bayi anda. Dengan begitu maka tidaklah heran jika sehabis melakukan pemijatan biasanya bayi akan tertidur dengan pulasnya. Perlunya pemijatan bayi adalah untuk mencegah bayi rentan terhadap penyakit, sehingga bayi diharapkan di usia yang sedini itu tidak sering untuk mengkonsumsi obat berbahan kimia yang tidak baik bagi perkembangannya. Selain karena faktor di atas, ada banyak hal yang dapat menjadi alasan kenapa seorang Ibu dianjurkan melakukan pemijatan kepada bayinya, kemanfaatan dari pemijatan bayi akan penulis rangkumkan dalam point-point singkat di bawah ini :

  • Mendekatkan keterikatan antara orangtua dengan sang bayi
    Dengan begitu, bayi tidak akan merasa sendiri, dia akan terhindar dari rasa ketakutan karena merasa dirinya telah aman.
  • Sebagai proses peningkatan komunikasi terhadap bayi secara verbal dan non-verbal sehingga bayi akan lebih cepat untuk bisa berbicara.
  • Melancarkan sistem pencernaan dan peredaran darah.
    Demi menghindari bayi terserang penyakit diare, sembelit, muntaber, maupun kolik.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menambah kekuatan otot-otot tubuhnya guna menahan serangan dari bakteri penyebab penyakit.
  • Mengatur pola tingkah laku, seperti meminimalisir kebiasaannya menangis, mengurangi rasa stres.

Kesehatan merupakan faktor penting yang tidak bisa untuk ditawar-tawar lagi kepentingannya, terlagi pada bayi anda. Bagi orangtua yang baik, bayi mereka adalah aset yang sangat berharga terlebih dari apapun. Menjaga, merawat, dan melindungi sudah kewajiban yang lumrah harus dilakukan oleh orangtuanya, dan pemijatan bayi merupakan salah satu hal penting. Untuk itu bagi seorang Ibu mulailah untuk melakukan perawatan dengan pemijatan bayi, mudah-mudahan bayi anda tumbuh dan berkembang dengan optimal. Perlunya pemijatan ini setidaknya akan berdampak luas untuk kebaikan di masa depan bagi bayi anda, karena bayi yang sehat cerminan dari masa depan yang lebih baik. Semoga bermanfaat :)

Oleh : Roma Doni
Referensi :
http://female.kompas.com/read/2012/09/11/11044771/Pentingnya.Anda.Memijat.Bayi.Sendiri
http://www.parenting.co.id/article/bayi/7.alasan.bayi.perlu.dipijat/001/002/179
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/03/31/220094/Perlunya-Pijat-untuk-Bayi
Sumber Photo : Google.com
Related Posts : bayi , cara , faktor , ibu , kebaikan , kemanfaatan , masa , orangtua , pemijatan , penelitian , penyakit , perawatan , perkembangan , pertumbuhan , rangsangan , rasa , roma doni , tangan , tingkah laku , tubuh

0 komentar on " Perlunya pemijatan pada bayi "

Poskan Komentar

 

Pijit Bayi © 2009 All Rights Reserved Baby Blog Designed by Ipiet | Images by Tadpole's Notez | Blog Templates created by Web Hosting Men