Selasa, 11 Juni 2013

Pijat Berpotensi menghilangkan Stress Pada Bayi


Bayi adalah sesosok manusia kecil yang sangat sulit untuk ditebak. Apabila ia menangis dan merengek mungkin yang terpikirkan oleh kita adalah karena ia tengah lapar atau merasa sakit di tubuhnya. Anda pasti pernah dihadapkan oleh peristiwa demikian yang sangat tidak asing bagi mereka yang memiliki bayi. Jika sudah merengek dan menangis tentunya anda akan segera membawanya ke dokter untuk diperiksa, namun setelah diperiksa ternyata sang bayi tak menderita apa-apa, suhu badannya pun normal seperti biasa, lantas apa yang membuat ia menangis hingga tak bisa tidur.? Adapun yang menjadi faktor tangisan bayi tidak hanya dipicu karena ia lapar atau menderita sakit, ternyata bayi juga bisa mengalami stress seperti yang biasa dirasakan oleh orang dewasa yang sedang tertimpa masalah.

Siapa yang mengira bahwa ternyata bayi juga bisa stress, bukankah hal itu hanya dimiliki oleh orang yang cukup umur saja? Fakta membuktikan ternyata bayi juga bisa mengalami stress, namun stress yang dialaminya berbeda dengan orang dewasa. Stress yang ia alami cenderung karena ia merasa bosan dan merasa tidak nyaman saja, itulah yang membuat sang bayi terkadang sering merengek membingungkan.



Untuk mengatasi hal ini cobalah untuk memijatnya, karena hal ini dapat membuat bayi anda relaks dan dapat tidur dengan nyenyak serta bermanfaat untuk mengurangi kebiasaan menangis pada bayi anda. Terapi pijatan mampu menimbulkan efek yang dapat mempengaruhi keluarnya hormon tidur melatonin. Karena inilah bayi mampu memiliki pola tidur yang teratur. Di samping membantu memberikan kenyamanan pada bayi, pemijatan juga dapat membantu membuat hubungan antara bayi dan orang tua semakin dekat, pada umumnya saat ia dilahirkan sang bayi tidak mengenal siapa-siapa dan tidak memahami apapun, dengan pemijatan tersebut sentuhan jari dari orang tuanya adalah suatu hal yang dapat menyalurkan cinta kasih orang tua pada bayinya, cara itulah yang dapat membantu bayi memahami bahasa orang tuanya.

Akan tetapi untuk menghasilkan pijatan yang benar anda harus memahami teknik pijatan yang baik dan benar pula. Karena dikhawatirkan jika memberikan pijatan yang sembarangan dan tidak didasari pengetahuan yang cukup justru akan mendapat dampak-dampak negatif yang akan terjadi pada bayi anda. Maka hal ini menjadi penting untuk dipelajari oleh para orang tua. Berikut adalah langkah-langkah dan teknik yang harus dipersiapkan dalam memijat bayi:

Langkah-langkah persiapan dan teknik pijat bayi:

  • Niatkan sebelum memijat. Ini artinya, sediakan waktu khusus untuk memijat, bukan waktu sambil lalu di sela waktu Anda yang sempit atau saat Anda tergesa-gesa. Bayi dapat ikut merasakan ketegangan Anda! Bagaimanapun sentuhan meneruskan energi, emosi dan perasaan.
  • Pilih ruangan yang bersih, terang dan hangat, dengan sirkulasi udara yang lancar.
  • Perhatikan kebersihan kedua tangan Anda. Cuci bersih sebelum memijat bayi, dan lepas cincin Anda.
  • Gunakan baby oil atau minyak pijat khusus bayi (kini tersedia di toko swalayan atau apotik tertentu, biasanya produk impor, merupakan campuran beberapa minyak esensial yang aman untuk kulit bayi). Minyak memudahkan gerakan tangan Anda, tanpa meninggalkan goresan. Keharuman baby oil maupun minyak pijat berbahan minyak esensial, memberikan rasa nyaman pada bayi dan balita.
  • Fleksibel. Pemijatan idealnya dimulai dari bagian kaki lalu naik hingga wajah. Tetapi, Anda juga tak perlu sekaku itu. Ikuti saja keinginan si kecil. Anda pun tidak perlu frustrasi seandainya belum berhasil memijat secara sempurna seluruh tubuhnya.
  • Selesai memijat, bersihkan tubuh anak. Siapkan handuk kering yang bersih. Bisa juga membasuh tubuh bayi dan balita dengan waslap hangat. Segera kenakan anak baju yang bersih. 



Hal yang perlu di ingat:

  • Hindari memijat bayi sesaat setelah ia selesai minum atau makan.
  • Hindari memijatnya saat sedang mengantuk atau waktu ia tidur.
  • Hindari memijat anak saat ia demam atau tidak enak badan.
  • Hindari paksaan. Kalau si kecil sedang tidak “mood” dipijat, ya jangan paksa. Bisa-bisa ia berontak dan hasilnya malah keseleo.

Oleh : Ade Sundari
Referensi : www.ayahbunda.co.id
Sumber Gambar : Internet
Related Posts : ade sundari , baby , balita , bayi , bersih , esensial , hindar , langkah-langkah , lapar , minyak , oil , orang tua , pemijatan , pijat , pijatan , sentuhan , stress , teknik , tidur , tubuh

0 komentar on " Pijat Berpotensi menghilangkan Stress Pada Bayi "

Posting Komentar

 

Pijit Bayi © 2009 All Rights Reserved Baby Blog Designed by Ipiet | Images by Tadpole's Notez | Blog Templates created by Web Hosting Men