Senin, 15 Juli 2013

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam Pemijatan Bayi


Melakukan pemijatan pada bayi merupakan salah satu langkah baik bagi perkembangan sang bayi, tidak hanya itu beberapa penyakit seperti demam, kolik, hidung tersumbat, yang menyerang pada bayi juga dapat disembuhkan dengan melakukan pemijatan bayi secara tepat dan benar. Bayi yang mengalami penyakit-penyakit ringan seperti itu, cobalah untuk mengobatinya secara alami dahulu yaitu salah satunya bisa dengan melalui pemijatan-pemijatan ringan. Cara itu bertujuan agar di masa-masa rentannya, sang bayi tidak ketergantungan dengan obat-obatan berbahan kimia yang tidak baik untuk perkembangannya.

Sebagai seorang Ibu anda dituntut untuk lebih jeli mengintensifkan waktu anda dalam merawat bayi. Selain anda harus mengetahui cara melakukan pemijatan bayi yang benar, anda juga harus tau kapan waktu yang tepat dalam melakukan pemijatan itu. Karena apabila anda melakukan pemijatan di waktu dan keadaan yang salah justru akan berdampak negatif bagi keadaan bayi anda. Kepekaan anda terhadap kondisi bayi bisa menjadi takaran bagaimana dan kapan anda harus melakukan pemijatan, artinya dalam hal ini kedekatan anda dengan bayi anda sangatlah diperlukan. Untuk menghindari dampak-dampak negatif itu, berikut penulis paparkan hal-hal yang harus anda perhatikan ketika melakukan pemijatan kepada bayi anda:

  • Pemijatan yang baik yaitu di saat kondisi bayi tidak merasa kelaparan dan kekenyangan.

    Keadaan ini merupakan saat yang stabil bagi tubuh sang bayi, anda sangat tepat melakukan pemijatan pada saat-saat seperti ini. Melakukan pemijatan di saat bayi sedang lapar atau kekenyangan hanya akan menambah kesakitan pada perut sang bayi, biasa ditandai dengan tangisannya.

  • Suasana sekitar pemijatan tidak bising, buat senyaman mungkin.

    Sebelum melakukan pemijatan kondisikan tempat sekitar jauh dari keramaian dan suara-suara yang keras. Hal ini penting agar sang bayi tidak ketakutan dan merasa terancam dengan pemijatan anda.

  • Lakukan pemijatan secara teratur

    Buatlah waktu-waktu yang rutin secara teratur anda dalam melakukan pemijatan pada Bayi. Bertujuan untuk mengenalkan dan membiasakan kepada sang bayi agar ia tidak merasa kaget ketika dilakukan pemijatan.

  • Jangan melakukan pemijatan di saat bayi terluka

    Keadaan tubuh bayi yang mengalami luka, memar, tergores, untuk saat itu anda tidak perlu melakukan pemijatan. Pemijatan itu hanya akan membuat sang bayi tidak nyaman akibat rasa sakit yang ia derita. Pastikan sampai luka-luka itu benar-benar sembuh.

  • Kondisikan tangan anda ketika ingin memijat

    Pemakaian cincin, gelang serta perhiasan tangan lainnya dapat menimbulkan luka pada tubuh sang bayi akibat bergesekan. Biasakan untuk menstabilkan tangan agar bersih dari kotoran yang bisa menyebabkan timbulnya bakteri.

  • Konsentrasi

    Fokuskan pikiran anda pada pijatan yang anda lakukan. Jangan sampai anda melakukan pemijatan di bagian yang salah.

Demikianlah hal-hal yang harus anda perhatikan ketika melakukan pemijatan bayi. Pemijatan yang benar adalah ketika anda benar-benar memperhatikan segala sesuatunya itu dengan tepat, baik dari keadaan bayi ataupun kondisi tempatnya yang kesemuanya itu berpengaruh terhadap sang bayi tersebut. Mudah-mudahan artikel singkat ini dapat menjadi referensi yang bermanfaat bagi anda yang menginginkan perkembangan yang baik bagi bayi kesayangan anda. Terima kasih.

Oleh : Roma Doni
Referensi : http://intisari-online.com/mobile/read/mengenal-kondisi-bayi-dengan-pijat-bayi
http://female.kompas.com/read/2012/12/29/12301498/perhatikan.7.hal.ini.sebelum.memijat.bayi
Related Posts : bayi , benar , benar-benar , bertujuan , dampak-dampak negatif , hal-hal , keadaan , kekenyangan , kondisi , kondisikan , lakukan , luka , pemijatan , perhatikan , perkembangan , ringan , roma doni , tangan , tangisan , tubuh

0 komentar on " Hal-hal yang harus diperhatikan dalam Pemijatan Bayi "

Posting Komentar

 

Pijit Bayi © 2009 All Rights Reserved Baby Blog Designed by Ipiet | Images by Tadpole's Notez | Blog Templates created by Web Hosting Men