Jumat, 30 Agustus 2013

Ajak Bayi melakukan Relaksasi dengan pijatan


Di era modern seperti sekarang, barangkali pemijatan pada bayi yang baru lahir tidak banyak dilakukan. Apalagi teknik pemijatan dianggap sebagai tradisi kuno yang tidak sesuai perkembangan teknologi. Terlebih para orangtua yang kerap mempercayakan semua kebutuhan bayinya pada pengasuh atau baby sitter. Sehingga sedikit dari mereka yang mengetahui secara detail bagaimana pertumbuhan, perkembangan, serta pola asuh yang diberikan kepada bayinya. Apalagi waktu produktif bagi orangtua yang bekerja sangat terbatas.

Namun jika anda adalah seorang ibu yang sangat peduli dengan si kecil, maka tidak ada salahnya mengajak ia melakukan kegiatan untuk relaksasi sejenak di akhir pekan. Dan pemijatan pada beberapa bagian tubuhnya akan membuat bayi anda merasa rileks sejenak. Di samping itu, pemijatan tersebut mempunyai beberapa manfaat, antara lain; pertama, mempererat ikatan antara anda dan si kecil. Hal ini tentu bisa menjadi salah satu alat komunikasi yang baik bagi anda yang memiliki sedikit waktu luang bersamanya. Karena dengan begitu, bayi anda akan merasa dekat dan nyaman berada dalam dekapan anda.

Kedua, merangsang pertumbuhan motorik bayi. Karena jika anda bisa melakukan teknik pemijatan yang benar dan teratur, maka pijatan-pijatan tersebut mampu merangsang syaraf motorik bayi. Sehingga ia bisa tumbuh menjadi anak yang aktif dibandingkan dengan anak yang tidak pernah melakukan pemijatan sama sekali.

Ketiga, membantu bayi lebih tenang. Hal ini berkaitan erat dengan perasaan rileks bayi setelah dipijat. Sehingga perasaan nyaman itu akan membuat emosinya stabil, sehingga bayi tidak lagi merasa rewel dan bisa tidur lebih nyenyak karena badannya merasa enak dan segar.

Keempat, pemijatan bisa membantu memperlancar pencernaan bayi. Karena biasanya ada bayi yang tidak teratur ketika BAB (Buang Air Besar), apalagi bagi bayi yang mengkonsumsi susu formula. Oleh karenanya, pemijatan ini tentunya akan sangat bermanfaat agar metabolisme menjadi lebih bagus, sehingga pencernaan pun lancar.

Dan keempat manfaat tersebut di atas tentunya akan diperoleh jika orangtua bisa melakukan pemijatan pada tubuh bayi secara benar dan teratur. Namun jika kemampuan untuk memijat sangat terbatas, maka tidak ada salahnya memanggil seseorang yang mengerti benar bagaimana teknik pemijatan pada bayi anda. Biasanya di kota-kota besar, kita akan menemuinya di salon kecantikan yang memberikan jasa pemijatan pada bayi agar si kecil bisa merasakan relaksasi.

Meskipun untuk melakukan pemijatan, anda bisa mempelajari tekniknya secara otodidak dengan membaca buku, meminta saran ahli (baca: bidan atau dokter anak), atau melihat tutorial pijat bayi melalui internet. Tentu saja pemijatan pada bayi ini tidak dilakukan sebagaimana teknik pemijatan [pada orang dewasa, karena tubuh bayi yang masih rentan dan sensitif maka disarankan agar pemijatan dilakukan pada bagian tubuh seperti; lengan, kaki, punggung, hingga bokong.

Akan tetapi, perlu diingat oleh para orangtua agar sebaiknya tidak melakukan pemijatan pada bayi yang sedang sakit dan baru saja makan atau menyusu. Sehingga bayi bisa merasakan kelembutan sentuhan di setiap tubuhnya dengan perasaan nyaman, bukan merasa terganggu akibat sakit yang dideritanya. Selain itu, untuk menambahkan perasaan rileks pada bayi, anda bisa memandikannya usai melakukan pemijatan. Dengan demikian, tubuh bayi akan terlihat lebih segar.

Oleh : Mayshiza widya
Related Posts : bayi , benar , kecil , keempat , manfaat , mayshiza widya , motorik , nyaman , orangtua , pemijatan , pencernaan , perasaan , pertumbuhan , relaksasi , rileks , segar , sejenak , teknik , terbatas , tubuh

0 komentar on " Ajak Bayi melakukan Relaksasi dengan pijatan "

Posting Komentar

 

Pijit Bayi © 2009 All Rights Reserved Baby Blog Designed by Ipiet | Images by Tadpole's Notez | Blog Templates created by Web Hosting Men