Jumat, 16 Agustus 2013

Manfaat Pijat Bayi Bagi Orangtua




Pijat bayi sebagai salah satu alternatif pengobatan pada bayi yang dikenal sudah sejak dahulu, pada saat ini mulai menunjukkan perkembangannya. Dibuktikan dengan mulai banyaknya didirikan tempat ataupun klinik-klinik pengobatan spesialisasi pemijatan bayi, dikhususkan kepada orangtua yang belum mengerti cara pemijatan bayi yang baik dan benar ataupun kepada orangtua yang tidak punya waktu luang untuk melakukan pemijatan pada bayinya. Pendirian klinik spesialisasi tersebut juga menandakan betapa pentingnya pemijatan bagi kesehatan bayi anda. Terlagi yang harus anda tahu, pemijatan bayi ternyata tidak hanya bermanfaat kepada bayinya saja. Orangtua dalam hal ini Ibu, yang secara langsung melakukan pemijatan kepada bayinya juga membawa dampak positif kepada dirinya sendiri. Kebahagiaan secara psikologis merupakan manfaat yang paling terasa, ketika tangan seorang Ibu mulai melakukan pemijatan, maka ketika itulah hatinya mulai merasa tenang dan bahagia, apalagi di saat melihat bayinya merasakan kenyamanan akibat sentuhan pijatannya tersebut.

Di bawah ini merupakan manfaat-manfaat lain yang dapat dirasakan orangtua (Ibu) terhadap pemijatan secara langsung pada bayinya :

  • Meningkatkan produksi ASI

    Kontak kulit antara Ibu dan bayi saat pemijatan dapat merangsang produksi hormon oksitosin (hormon cinta) dan hormon prolaktin meningkat, atau proses ini biasa disebut laktasi. Hormon ini berfungsi sebagai fasilitator berproduksinya ASI. Semakin meningkat kedua hormon tersebut maka produksi ASI juga semakin banyak. Dengan begitu, bagi seorang Ibu anda tidak perlu khawatir akan kekurangan produksi ASI anda.

  • Membuat orangtua lebih responsif terhadap kebutuhan bayinya

    Kadang banyak orangtua yang tidak mengerti akan kemauan bayinya, hal itu menunjukkan kurangnya kedekatan orangtua dengan bayinya. Pemijatan sebagai upaya pendekatan terhadap bayi memungkinkan orangtua lebih respon/tanggap ketika bayinya sedang mengalami kegelisahan, sakit atau apapun yang tidak baik. Bayi juga tidak selamanya menangis ketika sedang sakit dan juga tidak selamanya bayi yang menangis itu sakit. Nah, hal-hal seperti yang perlu direspon cepat oleh orangtua demi kebaikan bayinya.

  • Menambah kompetensi orangtua dalam usaha menenangkan dan membuat bayi nyaman

    Setidaknya ketika bayi anda mulai rewel, sering sakit, anda tau apa yang harus anda lakukan. Manfaat pemijatan bayi yang baik bagi kesehatan bayi bisa menjadi referensi cara dalam menenangkan dan membuat bayi anda menjadi nyaman kembali.

  • Lebih percaya diri terhadap peran sebagai Ibu

    Dengan anda melakukan pemijatan bayi, otomatis meyakinkan kepada diri anda sendiri bahwa anda telah menjadi sosok Ibu yang sempurna. Wanita yang telah dikaruniai seorang anak yang harus dijaga dan disayangi.

  • Menurunkan hormon stres serta mengefektifkan waktu luang

    Pemijatan pada bayi juga membantu anda menghilangkan rasa stres yang mungkin menghinggapi, sebab di saat itu anda bisa lebih fokus untuk memperhatikan bayi anda. Dan daripada mengisi waktu dengan kegiatan yang tidak berguna, bergosip misalnya yang justru dapat menimbulkan masalah. Melakukan pemijatan pada bayi anda merupakan hal yang lebih baik untuk dilakukan.

Baik untuk orangtua ataupun kepada bayinya sendiri, pemijatan sangatlah bermanfaat kepada semua. Kemanfaatan yang sudah jelas ini harusnya menjadi motivasi kepada orangtua yang belum melakukan pemijatan kepada bayinya. Semoga artikel ini dapat menyadarkan orangtua akan pentingnya menjaga kesehatan kepada bayinya. Menjaga kesehatan bayi dengan pemijatan bayi, mengapa tidak!

Oleh : Roma Doni
Referensi : http://tumbuhkembang-bayi.com/
Sumber Photo : Google.com
Related Posts : asi , bayi , bergosip , bermanfaat , hormon , ibu , kesehatan , luang , manfaat , manfaat-manfaat , nyaman , orangtua , pemijatan , pengobatan , produksi , rewel , roma doni , sakit , spesialisasi , stres

0 komentar on " Manfaat Pijat Bayi Bagi Orangtua "

Posting Komentar

 

Pijit Bayi © 2009 All Rights Reserved Baby Blog Designed by Ipiet | Images by Tadpole's Notez | Blog Templates created by Web Hosting Men