Jumat, 13 Desember 2013

Bagian Pemijatan Bayi dan Manfaatnya




Pijat bayi merupakan salah satu warisan pengobatan tradisional kuno yang masih bertahan hingga saat ini. Itu disebabkan, manfaat yang dihasilkan dari pijat bayi sudah terbukti khasiatnya. Tidak sedikit ilmuwan modern yang melakukan penelitian mengenai pengaruh pemijatan pada bayi. Salah satunya, Vimala McClure, founder International Association of Infant Massage, sekaligus penulis buku “Infant Massage, A Handbook for Loving Parents”. Berdasarkan penelitian yang dilakukannya, pemijatan pada bayi membuat koneksi otak berkembang dengan baik, sehingga kemampuan belajar dan kecerdasan otak (IQ) bayi meningkat. Penjelasan secara ilmiahnya, menurut McClure, pijat bayi mempercepat mielinasi atau proses pelapisan saraf. Ketika saraf-saraf itu terlapisi mielin (pelindung saraf) maka akan mempercepat transmisi impuls dari otak ke seluruh tubuh.

Untuk itu, sangatlah dianjurkan seorang Ibu mengetahui teknik pemijatan bayi. Pembelajaran teknik tersebut dimaksudkan agar Ibu dapat menjaga keadaan bayi supaya dalam kondisi sehat dan perkembangan tubuh yang baik. Mengenai teknik pemijatannya, teknik-teknik pemijatan bayi haruslah dipelajari dengan benar. Karena setiap pijatan pada bagian tubuh bayi mempunyai tujuan dan manfaatnya sendiri. Berikut penjelasan pemijatan bagian-bagian tubuh bayi beserta manfaatnya :

  • Pemijatan di bagian perut

    Manfaat pemijatan pada bagian perut adalah untuk mengatasi masalah pada proses pencernaan bayi. Mungkin bayi sedang sakit perut, sembelit atau susah buang air besar. Pemijatan dengan teknik membentuk huruf “I,L,U” pada perutnya memberikan manfaat atasi masalah itu.

  • Pemijatan di bagian dada

    di bagian dada, pemijatan berkaitan memperlancar proses pernapasan. Dalam kesehariannya, apalagi menghadapi perubahan cuaca yang tak menentu dapat menyebabkan bayi terkena flu atau pilek. Pemijatan dengan teknik kupu-kupu di bagian dada bayi membantu meredakannya.

  • Pemijatan di bagian rahang

    Pada bagian rahang, pemijatan bermanfaat merangsang pertumbuhan gigi bayi. Teknik pemijatan yang baik yaitu dengan mengusap secara pelan di bagian rahang, berlanjut ke bagian dagu sampai ke mulut. Lakukan dengan sangat hati-hati dan penuh kasih sayang.

  • Pemijatan di bagian tangan dan lengan

    Pemijatan pada bagian ini dimaksudkan melancarkan proses peredaran darah, menguatkan otak tangan serta merangsang keaktifan saraf motorik tangan bayi. Teknik pemijatannya dimulai dari bagian tangan menuju ke bagian lengan.

  • Pemijatan di bagian punggung

    Memijat bayi di bagian punggung ditujukan untuk merelaksasi punggung bayi, yang mungkin kelelahan karena aktivitas digendong atau telentang seharian. Dan juga berguna merangsang pertumbuhan tulang punggung bayi. Cara pemijatannya, dimulai dari bokong naik sampai ke pundak dengan teknik kedua tangan seperti memutar.

  • Pemijatan di bagian kaki

    Manfaatnya menguatkan otot kaki, merangsang pertumbuhan tulang, dan saraf motorik pada kaki. Ini sangat penting di saat bayi dalam proses belajar merangkak atau berjalan. Di mana aktivitas seperti itu dapat melelahkan kakinya Pijat di bagian kaki dengan mengusap-usap pergelangan kaki terus naik sampai ke bagian paha.

  • Pemijatan di bagian telapak kaki

    Manfaatnya tidak jauh berbeda dari yang sebelumnya, demi mempercepat agar bayi dapat berjalan, pemijatan di telapak kaki menguatkan telapak kaki untuk menopang tubuh bayi supaya bisa berdiri. Dengan cara pemijatan di bagian ujung telapak kaki (tumit) menuju ke pangkal jari.

Demikianlah artikel ini, penulis berharap dengan mengetahui manfaat dari bagian-bagian pemijatan bayi tersebut, menambah wawasan para orangtua mengenai pijat bayi, sehingga mendorong mereka untuk mau belajar dan melakukan pemijatan pada bayi-nya.

Oleh : Roma Doni
Referensi : http://doktersehat.com/cara-dan-khasiat-pijat-bayi/
http://www.zwitsal.co.id/
Sumber Photo : www.perempuan.com
Related Posts : bagian , bagian-bagian , bayi , dada , kaki , manfaat , mcclure , motorik , otak , pemijatan , perut , pijat , punggung , rahang , roma doni , saraf , tangan , teknik , telapak kaki , tubuh

0 komentar on " Bagian Pemijatan Bayi dan Manfaatnya "

Posting Komentar

 

Pijit Bayi © 2009 All Rights Reserved Baby Blog Designed by Ipiet | Images by Tadpole's Notez | Blog Templates created by Web Hosting Men