Rabu, 28 Mei 2014

Mengatasi Kolik dengan Pijat Bayi


Kolik merupakan keadaan yang biasanya diidentikkan dengan istilah kembung atau masuk angin yang terjadi pada bayi. Hal ini disebabkan karena sistem pencernaan bayi yang belum terbentuk secara sempurna sehingga terkadang mengalami kesulitan untuk mengeluarkan angin atau gas dari dalam perutnya. Gejala yang ditimbulkan pada umumnya adalah pada saat si bayi menangis tanpa sebab, bukan karena haus atau popoknya basah yang bisa dihentikan dengan memberi susu atau dengan mengganti popoknya. Biasanya tangisannya lebih menyerupai teriakan kencang yang disertai dengan muka merah hingga kaki terasa dingin, tanda bayi sedang menahan rasa sakit. Bahkan tangisannya bisa berlangsung lama sekitar satu sampai empat jam dan terjadi secara tiba-tiba, sehingga membuat orang tua menjadi panik karena tidak tahu lagi bagaimana cara menghentikannya.

Tahukah Anda bahwa rata-rata sebanyak 25% bayi pernah mengalami kolik? Hal ini menunjukkan bahwa Anda tidak seorang diri, karena masih banyak orang tua diluar sana yang juga pernah atau sedang menghadapi kekhawatiran yang serupa. Kolik sendiri tidak dapat disembuhkan melalui obat-obatan, karena umumnya akan berhenti dengan sendirinya seiring berkembangnya si bayi. Adapun yang bisa dilakukan orang tua adalah berusaha mencegahnya dengan menghindari pemberian makanan yang mengandung gas, atau untuk bayi dibawah enam bulan yang masih ASI eksklusif bisa dihindari dari makanan yang dikonsumsi ibunya seperti kafein, bawang, tepung, dan sebagainya. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pijat bayi. Memijat bayi dapat dilakukan sendiri di rumah, dan dengan menjadikan pijat bayi sebagai salah satu aktivitas yang menyenangkan justru akan lebih memperkuat ikatan (bonding) antara Anda dan bayi.

Terdapat beberapa cara yang bisa menjadi acuan dasar untuk melakukan pijat bayi. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah dengan menyiapkan tempat atau ruangan yang tenang dan nyaman. Selanjutnya baringkan bayi dengan posisi terlentang dan Anda berdiri atau duduk menghadap kaki bayi. Jangan lupa untuk terlebih dahulu mengoleskan baby oil atau minyak telon agar tidak terjadi gesekan saat Anda melakukan pijatan ke tubuh bayi. Beberapa orang tua juga biasa menambahkan irisan bawang merah ke dalam baby oil atau minyak telonnya karena bawang merah dipercaya bisa membantu mengeluarkan gas selain untuk menghangatkan badan.

Mulailah dengan perlahan memberikan pijatan lembut pada perut bayi dengan gerakan memutar searah jarum jam dan dilakukan secara berulang. Gerakan ini penting karena rektum berada di perut bagian kiri,sehingga dengan memutar searah jarum jam diharapkan bisa memperlancar keluarnya gas dari usus besar menuju rektum dan anus, bukan sebaliknya. Prinsip serupa juga berlaku pada teknik pijat ILU atau I Love You yang banyak direkomendasikan untuk mencegah kolik. Pijatan ini diawali dengan gerakan "I" yaitu dimulai dari perut kiri atas bayi ke arah bawah. Dilanjutkan dengan gerakan "L" terbalik yang dimulai dari perut kanan atas ke arah perut kiri atas dan ke arah bawah. Terakhir dengan gerakan "U" terbalik yang dimulai dari perut kanan bawah menuju atas dan kembali memutari pusar berakhir di tempat yang sama di perut kiri bawah. Tiap gerakan bisa dilakukan secara berulang sebanyak tiga kali. Selain itu, Anda juga bisa memijat dengan cara merapatkan dan mengangkat kedua kaki bayi lalu menekuk lutut dan mendorongnya ke arah perut sambil ditahan selama beberapa detik. Lakukan kegiatan ini secara rutin dan dalam suasana yang santai, jangan lupa untuk sambil bercanda dan juga berbicara dengan bayi Anda. Ingat, kolik pada bayi akan hilang seiring dengan pertumbuhannya, jadi jangan terlalu kecewa apabila usaha Anda tidak langsung membuahkan hasil. Setidaknya dengan memijat bayi tetap banyak mendatangkan manfaat baik bagi Anda maupun bayi. Selamat mencoba!

Oleh : Retno Wulandari
Related Posts : arah , baby , bawah , bawang merah , bayi , cara , gas , jarum jam , kiri , kolik , orang tua , perut , pijat , pijatan , popok , rektum , retno wulandari , searah , tangisan , telon

0 komentar on " Mengatasi Kolik dengan Pijat Bayi "

Posting Komentar

 

Pijit Bayi © 2009 All Rights Reserved Baby Blog Designed by Ipiet | Images by Tadpole's Notez | Blog Templates created by Web Hosting Men