Rabu, 21 Mei 2014

Tips Pijat Bayi Aman dan Efektif




Bayi mempunyai struktur tulang dan tubuh yang masih lunak. Pijatan yang dilakukan pada tubuh bayi pun tak boleh sembarangan saja. Bisa jadi, pijatan yang dilakukan pada tubuh bayi akan berakibat buruk pada tulang dan struktur tubuhnya.

Langkah awal yang sebaiknya dilakukan untuk memijat bayi yakni mempersiapkan suasana nyaman dan santai. Ibu bisa memosisikan tubuhnya duduk dengan kaki diluruskan ke depan. Berikan selimut untuk melapisi kaki tersebut sebagai alas meletakkan bayi yang hendak dipijat. Siapkan pula bayi dalam keadaan santai, rileks, tidak sedang mengantuk dan tidak sedang menangis. Untuk pijatan- pijatan yang bisa dilakukan pada bayi, berikut ini ada beberapa tips memijat aman dan efektif.

Melakukan peregangan

Peregangan ada bayi dapat dilakukan dengan meluruskan lutut bayi yang telah telentang pada selimut di kaki ibu. Dengan perlahan dan bersamaan arahkan lutut bayi pada perut. Peregangan selanjutnya bisa dilakukan dengan memutar pangkal lutut bayi ke kiri dan ke kanan secara perlahan. Gerakan ini bisa melancarkan pencernaan dan melegakan perut.

Melakukan pijatan pada bagian kaki

Tidak sembarang pijatan bisa dilakukan untuk memijat kaki bayi. Cara aman yang bisa dilakukan adalah dengan menggenggam kedua kaki bayi dengan salah satu tangan. Sedang tangan lainnya melakukan tepukan ringan pada tungkai kaki. Masih dengan gerakan yang ringan saja, usaplah sepanjang kaki bayi mulai dari jari hingga ke pinggul secara berulang- ulang. Gunakan jempol tangan untuk memijat bagian telapak kaki bayi. Jangan lupa lakukan pijatan- pijatan kecil bisa dengan gerakan melingkar di sekitar tumit maupun tarikan perlahan pada jari- jari kaki bayi.

Melakukan pijatan pada perut

Untuk pijatan pada bagian perut bayi, ibu bisa menggunakan ujung jari saja. Hal ini agar perut bayi tidak terlalu mendapat tekanan secara berlebih. Dengan perlahan berikan pijatan kecil dengan ujung- ujung jari pada seluruh bagian perut bayi. Bisa juga dilakukan dengan membentuk arah pijatan menjadi huruf I- L- dan U dari arah bayi. Jadi tergambar terbalik dari sisi ibu. Dengan melakukan pijatan berdasar huruf- huruf tersebut maka bagian- bagian perut bayi akan tersentuh mulai dari kanan- kiri hingga atas dan bawah.

Melakukan pijatan pada kedua lengan

Lengan pada bayi dilakukan secara bergantian antara kanan dan kiri. Pegang salah satu lengan yang akan dipijat dengan satu tangan saja. Sedang tangan yang lain mulai menepuk- nepuk lengan bayi dari atas ke bawah dan sebaliknya dengan pelan saja. Jangan lupakan untuk memijat satu persatu jari- jari tangan pada bayi. Lakukan secara bergantian antara lengan kanan dan lengan kiri.

Melakukan pijatan pada punggung bayi

Posisikan bayi dalam keadaan telungkup, sehingga ibu bisa dengan leluasa memijat punggung bayi. Pijatan kecil dan perlahan dengan membentuk lingkaran bisa dilakukan dari punggung atas hingga ke pantat bayi. Selain itu gerakan jari- jari tangan ibu yang dibentuk menyerupai garu pada punggung bayi dan menggaruknya secara perlahan juga bisa dilakukan untuk merilekskan punggung bayi.

Melakukan pijatan pada kepala dan wajah

Kedua tangan ibu bisa diarahkan pada bagian kepala bayi untuk menyangganya. Kemudian lakukan pijatan kecil di sekitar kepala bagian depan dengan jari- jari tangan. Untuk bagian telinga, mata, pipi maupun dagu, gerakan mengusap merupakan pijatan yang pas dilakukan untuk bayi.

Oleh : Putri Lestari
Related Posts : bayi , gantian , ibu , jari , kaki , kanan , kecil , kiri , lakukan , lengan , lutut , peregangan , perlahan , perut , pijatan , punggung , putri lestari , selimut , tangan , tubuh

1 komentar on " Tips Pijat Bayi Aman dan Efektif "

Posting Komentar

 

Pijit Bayi © 2009 All Rights Reserved Baby Blog Designed by Ipiet | Images by Tadpole's Notez | Blog Templates created by Web Hosting Men