Selasa, 12 Agustus 2014

Manfaat Pijat Untuk Si Kecil




Pijat pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita, orang Indonesia. Hal ini karena memang pijat merupakan pengobatan tradisional yang diwariskan secara turun menurun oleh nenek moyang kita. Sementara menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pijat didefinisikan sebagai kegiatan mengurut bagian tubuh untuk melemaskan otot sehingga peredaran darah lancar.

Bagi sebagian besar orang dewasa, pijat adalah pilihan yang tepat ketika tubuh mengalami pegal-pegal atau kelelahan akibat rutinitas kerja. Pijat memang sangatlah bermanfaat. Namun jangan salah, bukan hanya orang dewasa saja yang bisa mencicipi segudang manfaat pijat. Bayi kita pun bisa ikut merasakan manfaat dari pijat itu sendiri.

Apa sih manfaat pijat untuk buah hati kita? Mari kita bahas satu persatu.

  1. Menenangkan Bayi

    Pijat bermanfaat untuk menenangkan bayi. Hal ini karena pemberian pijatan pada si kecil dapat merangsang pembentukan hormon oksitosin. Hormon oksitosin merupakan hormon yang bisa memberikan rasa nyaman. Sentuhan lembut yang dilakukan langsung oleh para ibu juga dapat merangsang perkembangan otak si kecil, terutama masa delapan minggu setelah kelahiran. Untuk itu lebih disarankan, pemijatan bayi dilakukan oleh ibu sendiri, karena sentuhan-sentuhan fisik secara berkala dan berkelanjutan yang dilakukan oleh ibu dan bayi dapat membantu pembentukan struktur dasar otak yang sehat dan mengoptimalkan ikatan emosi antara bayi dengan ibunya.

  2. Merangsang Otot Motorik

    Pemberian pijatan lembut pada bayi kita secara berkala dan berkelanjutan maka akan merangsang otot motorik si kecil. Otot-otot bayi Anda akan lebih kuat dan koordinasi tubuhnya juga berkembang dengan baik. Dengan demikian, perkembangan motorik si kecil juga akan berlangsung dengan baik.

  3. Membuat Bayi Tidak Sering Menangis

    Dengan memberikan pijatan pada tubuh si bayi secara berkala dan berkelanjutan membuat tubuh bayi Anda mengalami penurunan hormon kortisol, yaitu hormon penyebab stres. Hasilnya bayi menjadi lebih riang dan tidak suka menangis. Jika bayi Anda mengalami masalah berat badan, memijatnya secara teratur juga memberikan manfaat untuk memengaruhi rangsangan saraf dan kulit dan memproduksi hormon-hormon yang berpengaruh dalam menaikkan berat badan.

  4. Menambah Kekebalan Tubuh

    Melakukan pemijatan kepada bayi dapat memperbaiki sistem kekebalan tubuh bayi Anda. Hal ini karena pemberian pijatan pada bayi dapat menambah produksi sel darah putih si kecil sehingga membuat si kecil lebih sehat dan tahan terhadap infeksi dan masalah kesehatan lain. Selain itu, bayi yang dipijat secara teratur juga jarang mengalami kolik, sembelit dan diare.

  5. Menstimulus Kesadaran Bayi

    Pemberian pijatan lembut pada bayi juga dapat bermanfaat untuk menstimulus kesadaran bayi. Stimulus kesadaran yang dimaksud ialah pengoptimalan kemampuan bayi dalam mengembangkan panca indera yang dimiliki oleh bayi Anda. Tidak hanya indera peraba melalui sentuhan sang ibu, namun juga indera penciuman, penglihatan dan pendengaran si kecil.

Itulah beberapa manfaat pijat bayi. Semoga bermanfaat untuk para ibu dan calon-calon ibu.

Oleh : Nur Rokhanah
Related Posts : badan , bayi , dewasa , hormon , ibu , indera , kecil , lembut , manfaat , menstimulus , motorik , nur rokhanah , oksitosin , otak , otot , pijat , pijatan , sehat , sentuhan , tubuh

0 komentar on " Manfaat Pijat Untuk Si Kecil "

Posting Komentar

 

Pijit Bayi © 2009 All Rights Reserved Baby Blog Designed by Ipiet | Images by Tadpole's Notez | Blog Templates created by Web Hosting Men