Senin, 29 September 2014

PIJAT DAN SPA UNTUK BAYI




Banyak dari para ibu terutama yang memiliki bayi mengetahui manfaat yang diperoleh dari kegiatan pijat bayi. Seiring perkembangan pengetahuan dan teknologi di bidang kesehatan Ibu dan anak, memijat bayi, selain dapat dilakukan sendiri di rumah, kini para ibu juga dapat melakukan pijat bayi di spa khusus bayi.

Spa biasanya dikenal di kalangan wanita muda sebagai tempat relaksasi tubuh karena berbagai treatment yang dilakukan mampu mengembalikan kebugaran tubuh. Kini berbagai spa khusus bayi banyak bermunculan di kota-kota besar. Perawatan yang ditawarkan juga mirip dengan perawatan spa yang lazim dilakukan untuk orang dewasa.

Spa sendiri mulai dikenal di sebuah kota di Belgia yang bernama kota Spa. Beberapa sumber menyebutkan bahwa kata spa berasal dari bahasa Yunani yang berarti Solus Per Aqua yang berarti perawatan tradisional dengan menggunakan media air. Sedangkan menurut Permenkes nomor 1205/X/2004 pengertian spa adalah suatu upaya kesehatan tradisional dengan pendekatan holistic berupa perawatan menyeluruh menggunakan kombinasi keterampilan hidro terapi, pijat aroma terapi dan ditambahkan pelayanan makan, minuman sehat serta olah aktivitas fisik.

Di Indonesia sendiri perlakuan semacam spa bayi ini sudah dilakukan sejak dahulu kala, antara lain perawatan dari sang Ibu dengan mandi air hangat dan pijat yang biasanya dilakukan oleh dukun bayi. Setelah aktivitas tersebut bayi langsung diberi ASI dan makanan bergizi.

Rangkaian perawatan bayi di atas tidak jauh berbeda dengan perawatan yang dilakukan oleh penyedia spa bayi. Biasanya rangkaian spa bayi dimulai dengan baby swim atau renang bayi selama 15 menit. Selanjutnya baby massage atau pijat bayi selama 20 menit, ada pula lanjutannya dengan memberi sinar infra merah selama 10 menit. Sebelum melakukan spa, bayi dianjurkan dalam keadaan kenyang. Hal ini guna mengurangi rasa tidak nyaman bayi serta rewel. Spa bayi bisa dilakukan semenjak bayi berusia 2 bulan hingga 1,5 tahun.



Banyak manfaat yang diperoleh dengan melakukan perawatan-perawatan khusus bayi. Baik yang dilakukan sendiri oleh sang Ibu, pijat urut oleh dukun bayi ataupun spa bayi. Beberapa diantaranya melancarkan peredaran darah, meningkatkan daya tahan tubuh, membantu merangsang perkembangan motorik bayi, meningkatkan kualitas tidur dan membantu memperbaiki sistem pencernaan.

Namun terdapat beberapa manfaat spa bayi yang tidak terdapat dalam pijat bayi biasa, antara lain:
  1. Memberikan efek relaksasi
    Aktivitas renang sebelum dipijat membuat bayi merasa nyaman dan tenang. Hal ini dapat memberi efek positif pada tumbuh kembangnya jika dilakukan secara teratur.
  2. Membantu meningkatkan kecerdasan
    Aktivitas pijat dan renang dilakukan oleh pekerja-pekerja yang profesional di bawah pengawasan fisioterapis sehingga memaksimalkan rangsangan pada saraf dan otak bayi.
  3. Membentuk pribadi yang ceria
    Efek relaksasi yang didapat sehabis spa menjadikan si kecil riang dan ceria sehingga dapat merangsang pembentukan pribadi yang supel.

Demikianlah sekelumit penjabaran mengenai spa bayi, manfaat serta perbandingannya dengan pijat bayi biasa. Apapun pilihan para Ibu untuk buah hatinya tentu sama-sama baik karena baik spa bayi ataupun pijat bayi tradisional memiliki kelebihan masing-masing yang akan memberi dampak positif bagi tumbuh kembang si kecil..

Oleh : Tika Dwi
sumber:
http://id.theasianparent.com/manfaat-spa-bayi/
http://bidan-pendidik.blogspot.com/2011/12/baby-spa-rista-novitasari-20110104224.html

gambar:
http://www.sweetmemoirs.com/2012/07/baby-spa-hydrotherapy-for-children.html
http://www.vemale.com/topik/parenting-dan-bayi/63555-pijat-spa-untuk-buah-hati-bisa-di-rumah-bunda.html
Related Posts : aktivitas , baby , bayi , ceria , dukun , efek , ibu , kembang , manfaat , menit , nyaman , pijat , rangkaian , relaksasi , renang , spa , terapi , tika dwi , tradisional , tubuh

2 komentar on " PIJAT DAN SPA UNTUK BAYI "

Posting Komentar

 

Pijit Bayi © 2009 All Rights Reserved Baby Blog Designed by Ipiet | Images by Tadpole's Notez | Blog Templates created by Web Hosting Men