Rabu, 24 Agustus 2016

Teknik Pijat Bayi Untuk Bayi Yang Baru Lahir


Teknik pijat pada bayi adalah salah satu cara untuk menyalurkan kasih sayang ibu kepada bayinya. Manfaat pijatan sangat baik bagi perkembangan bayi. Banyak sekali teknik pijat pada bayi yang bisa diterapkan oleh ibu sesuai usia bayinya. Setiap bayi memiliki kondisi fisik yang berbeda di setiap usianya apalagi pada bayi yang baru lahir sehingga cara penerapannya pun berbeda.

Beberapa yang masih menjadi kendala yaitu pijatan pada bayi apakah baik untuk bayi baru lahir. Sebenarnya memberikan pijatan pada bayi bisa dilakukan sejak bayi baru lahir tanpa mengkhawatirkan kondisi bayi seperti tulangnya masih rawan atau tali pusat bayi belum lepas. Pemijatan pada bayi yang baru lahir tidak akan bermasalah asalkan dilakukan secara benar

Pada bayi usia 0-1 bulan lebih disarankan pada usapan-usapan halus. Bayi yang baru lahir tidak diperkenankan diberikan tekanan yang terlalu kuat karena kondisi tulang bayi yang baru lahir bisa dikatakan masih rapuh. Bayi yang baru lahir cenderung memiliki stimulasi yang kuat pada indranya sehingga lebih menyukai ketenangan yang bisa didapatkan pada ibunya jadi lebih disarankan pada usapan yang lembut.


Gambar 1. Cara Pemijatan Pada Bagian kaki Bayi

Biasanya tali pusat pada bayi yang baru lahir belum lepas sehingga tidak perkenankan pemijatan pada perut dan bisa dimulai dengan pemijatan pada tangan. Pemijatan pada tangan cukup dengan memberikan usapan halus pada telapak tangan dan seluruh bagian tangan. Memberikan pijatan pada bagian tangan dimaksudkan supaya bayi bisa merasakan kehangatan dari sang ibu.

Setiap bayi biasanya lebih suka pemijatan pada area kaki. Berikan usapan ke area bawah untuk membuatnya lebih rileks. Pegang pergelangan kaki bayi dengan lembut menggunakan satu tangan. Letakkan tangan yang satu lagi di atas paha bayi sambil diusap ke bawah hingga ke pergelangan kaki bayi secara perlahan-lahan. Lanjutkan gerakan pemijatan pada jari-jari kari menggunakan ibu jari dan telunjuk sambil memegang pergelangan kaki. Untuk bagian atas telapak kaki bisa menggunakan ibu jari dari pergelangan kaki hingga jari-jari kaki.

Setelah semua bagian tersebut sudah dilakukan pemijatan, bagian terakhir adalah pemijatan pada bagian punggung. Aktifiitas ini dapat meningkatkan ikatan antara bayi dengan ibu. Ibu bisa memijat punggung bayi mulai dari leher sampai ke bagian bawah sambil memeluk bayi dekat di dada. Hal tersebut membuat bayi merasa nyaman karena bisa berada di dekapan sang ibu apalagi bayi yang baru lahir harus mengetahui keberadaan ibunya.

Setiap ibu yang ingin melakukan pemijatan pada bayinya terutama yang baru lahir harus mengetahui cara melakukan pemijatan yang benar supaya tidak terjadi dampak buruk terutama bagi bayi yang baru lahir. Melakukan pemijatan pada bayi yang baru lahir sangat diperbolehkan asalkan bisa membuat bayi merasa nyaman dan tidak mengganggu perkembangan bayi tersebut.

Oleh: Jenny

Gambar:
http://rsudmangusada.badungkab.go.id/assets/CKImages/images/Pendet%201%2010%20Apr.JPG
Related Posts : area , bawah , bayi , cara , disarankan , halus , ibu , ibu jari , jari , jenny , kaki , lembut , pemijatan , pergelangan kaki , pijat , pijatan , tali pusat , tangan , usapan , usia

0 komentar on " Teknik Pijat Bayi Untuk Bayi Yang Baru Lahir "

Posting Komentar

 

Pijit Bayi © 2009 All Rights Reserved Baby Blog Designed by Ipiet | Images by Tadpole's Notez | Blog Templates created by Web Hosting Men