Jumat, 16 September 2016

Menangani Bayi Yang Sering Kentut Dengan Pemijatan


Setiap bayi pasti sering mengalami kentut. Kentut pada bayi sering ditemukan pada setiap bayi apalagi bayi yang baru lahir. Penyebabnya bisa disebabkan oleh sistem pencernaan bayi yang belum matang. Karena sistem pencernaan yang belum berkembang sepenuhnya menyebabkan produksi gas dalam perut bayi. Selain itu, bisa disebabkan karena bayi menelan gelembung udara saat sedang menyusui menggunakan botol susu. Hal tersebut yang menyebabkan gas masuk ke dalam mulut dan bayi sering kentut.

Pijatan pada bayi bisa memberikan manfaat positif pada kesehatan bayi terutama mengatasi bayi yang sering mengalami kentut. Pemijatan sangat aman dilakukan karena tidak memberikan efek samping yang berbahaya atau mengganggu kesehatan bayi. Pijatan pada bayi bisa mengatasi bayi yang sering kentut. Ibu bisa menangani bayi yang sering kentut dengan melakukan pemijatan.


Gambar 1. Pijatan Pada Bagian Perut Bayi

Memijat bagian perut bayi secara perlahan bisa membantu menghangatkan perut bayi. Pertama, posisikan bayi senyaman mungkin agar bayi tidak rewel saat dilakukan pemijatan. Gunakan minyak telon atau minyak angin khusus bayi karena penggunaan minyak bisa membuat perut bayi terasa hangat. Untuk melakukan pijatan, bisa menggunakan teknik I Love U atau dengan gerakan memutar atau sekedar mengusap karena pemijatan yang berlebihan pada bagian perut bayi tidak dianjurkan.


Gambar 2. Menggerakan Kedua Kaki Bayi Seperti Sedang Mengayun Sepeda

Langkah selanjutnya, menggerakan kaki bayi secara perlahan. Menggerakan kaki bisa membantu mengurangi produksi gas dalam perut bayi karena berhubungan langsung dengan usus yang merupakan bagian dari sistem pencernaan. Pegang kedua pergelangan kaki bayi secara perlahan-lahan untuk menggerakannya. Gerakan kedua kaki bayi dengan lembut secara bergantian seperti sedang mengayun sepeda. Gerakan tersebut bisa mendorong gas dalam perut keluar melalui usus. Gerakan mengayun kaki pada bayi sangat baik untuk dilakukan setiap hari karena bisa memperlancar sistem pencernaan pada bayi.


Gambar 3. Teknik Memijat Bagian Punggung Bayi

Langkah terakhir adalah memijat bagian punggung bayi. Posisikan bayi secara tengkurap agar bayi merasa nyaman. Usap seluruh bagian punggung bayi menggunakan minyak secara merata. Pijatlah secara perlahan bagian punggung bayi untuk mendorong gas keluar. Cukup dengan memberikan tekanan yang ringan pada bagian punggung bayi. Setelah bagian punggung dilakukan pemijatan, tepuklah punggung bayi secara perlahan dan berkala setiap 3 atau 5 menit sekali. Memijat dan menepuk punggung bayi harus secara perlahan supaya bisa memancing keluar gas dari perut bayi.

Bayi sering sekali kentut tidak boleh diabaikan. Hal tersebut berbahaya karena bisa mengganggu sistem pencernaan pada bayi bahkan bayi bisa mudah rewel. Jika ditemukan bayi yang mengalami gejala kentut, bisa langsung diatasi dengan melakukan pemijatan. Pemijatan untuk mengatasi bayi yang sering kentut harus dilakukan secara benar supaya gas dalam perut bayi bisa cepat keluar.

Oleh: Jenny

Gambar:
1. https://lh3.googleusercontent.com/-iuQ0BSjF1xw/VkmmYZbA-KI/AAAAAAAAAGU/fRSZzab_J6U/s640/blogger-image-1434659684.jpg.
2. http://4.bp.blogspot.com/-mzm4IZauVuM/Upa6AmyRxpI/AAAAAAAADGg/sBOT9Mm-KTY/s1600/IMG02732-20131127-0708.jpg
3. http://1.bp.blogspot.com/_kXu7snvzgkc/TSb0qGuQ6QI/AAAAAAAAA2o/CqrRp5WXS_s/s1600/pijat38.jpg
Related Posts : bayi , disebabkan , gambar , gas , jenny , kaki , kentut , menggerakan , minyak , pemijatan , pencernaan , perlahan , perut , pijatan , posisikan , punggung , rewel , sistem , teknik , usus

0 komentar on " Menangani Bayi Yang Sering Kentut Dengan Pemijatan "

Posting Komentar

 

Pijit Bayi © 2009 All Rights Reserved Baby Blog Designed by Ipiet | Images by Tadpole's Notez | Blog Templates created by Web Hosting Men