Senin, 09 Januari 2017

Jenis Minyak Yang Sesuai Dengan Jenis Kulit Bayi


Penggunaan minyak adalah hal terpenting yang harus diperhatikan dalam melakukan pemijatan pada bayi. Minyak dipercaya bisa memberi efek menenangkan, melancarkan peredaran darah dan memperkuat ikatan antara ibu dan bayi. Media minyak bisa lebih memudahkan melakukan gerakan pijatan pada bayi.

Tidak selamanya penggunaan minyak bisa memberikan efek yang baik pada kulit bayi. Memilih minyak untuk diberikan kepada bayi harus sesuai dengan jenis kulit bayi. Tidak selamanya kulit bayi cocok pada minyak tertentu. Bayi bisa saja mengalami iritasi atau kemerahan sehingga harus mengenal terlebih dahulu jenis minyak yang sesuai dengan kulit bayi.


Gambar 1. Minyak Kacang

Ada permasalahan yang sering dialami oleh kulit bayi. Salah satunya adalah bayi yang memiliki kulit eksim. Jika bayi mengalami permasalahan tersebut sebaiknya menghindari beberapa jenis minyak. Minyak mustard tidak baik digunakan pada kulit bayi. Minyak ini memiliki efek toksik pada kulit yang bisa menyebabkan iritasi dan kerusakan pada kulit bayi. Selain itu, minyak kacang tidak disarankan untuk digunakan pada bayi. Kacang mengandung protein sehingga bisa menimbulkan dan memicu alergi pada bayi.

Jika bayi mengalami eksim maka sebaiknya menggunakan krim emolien. Krim emolien dipercaya baik untuk bayi yang mengalami eksim yang memiliki tanda-tanda seperti gatal-gatal pada kulit. Kandungan krim emolien membantu melembapkan kulit dan membantu pertumbuhan lapisan kulit pada bayi.

Untuk kulit bayi sensitif sebaiknya menghindari jenis minyak tertentu. Bayi yang memiliki kulit sensitif sebaiknya menggunakan minyak nabati tinggi asam linoleat karena sangat lembut pada kulit bayi. Asam linoleat adalah asam lemak esensial yang membantu melindungi lapisan luar kulit bayi. Minyak nabati yang mengandung kadar tinggi asam linoleat bisa didapatkan pada minyak bunga matahari dan minyak biji anggur.


Gambar 2. Minyak Bunga Matahari

Minyak bunga matahari merupakan emolien yang efektif membantu menjaga kelembapan kulit bayi. Minyak ini membantu meringankan, menenangkan, dan membantu menyembuhkan iritasi dan peradangan kulit. Untuk mendapatkan minyak bunga matahari biasanya dijual di pasaran sehingga mudah didapatkan.


Gambar 3. Minyak Biji Anggur Dalam Kemasan

Minyak biji anggur sangat cocok untuk kulit sensitif atau alergi terhadap sesuatu. Bayi pun memiliki kulit sensitif maka bisa mencoba menggunakan minyak biji anggur. Dengan menggunakan minyak ini, bayi yang memiliki alergi pada kulit tidak menunjukkan reaksi pada kulit, tidak seperti minyak lainnya.


Gambar 4. Minyak Zaitun Asli

Jika bayi memiliki kulit kering dan mengalami eksim atopik, hindari penggunaan minyak nabati dalam jenis lain dari asam lemak yang disebut asam oleat. Minyak nabati tinggi asam oleat relatif tidak baik untuk diberikan pada kulit bayi, salah satu contohnya adalah minyak zaitun. Minyak zaitun pada kulit dapat merusak penghalang kulit. Hal ini menyebabkan kemerahan ringan bahkan kulit bayi bisa menjadi sensitif.

Mengetahui jenis minyak yang cocok untuk kulit bayi sangat penting untuk diketahui oleh para ibu. Penggunaan minyak sangat diperlukan dalam melakukan pemijatan pada bayi sehingga tidak boleh sembarangan. Tidak semua minyak bisa digunakan pada kulit bayi, jadi para ibu harus selektif dalam menggunakan minyak saat melakukan pijatan pada bayi.

Oleh: Jenny

Gambar:
1. http://oatmeal.perutgendut.com/app/webroot/uploads/Article2/Kegunaan%20Minyak%20Dari%20Biji-bijian/Kegunaan-Minyak-Dari-Biji-bijian-5.jpg
2. http://4.bp.blogspot.com/-LK3LDu-phs8/VS8UTCZfDTI/AAAAAAAAChU/ms6KfB2drmg/s1600/minyak%2Bnabati%2Bbiji%2Bbunga%2Bmatahari%2Bdan%2Bmanfaatnya.jpg
3. http://4.bp.blogspot.com/-EzjC4jWo4bE/UTm7qcvmLyI/AAAAAAAAEU0/hCdS1BwofBg/s1600/IMG_0947.JPG
4. http://2.bp.blogspot.com/-H2vXTrD7YE0/VXWLW6PHGYI/AAAAAAAAAXA/c7bL1LkuTUc/s1600/Merek%2BMinyak%2BZaitun%2BUntuk%2BKecantikan.jpg
Related Posts : alergi , anggur , bayi , biji , eksim , emolien , gambar , iritasi , jenis , jenny , kacang , krim , kulit , kulit sensitif , linoleat , matahari , minyak , minyak zaitun , nabati , penggunaan

0 komentar on " Jenis Minyak Yang Sesuai Dengan Jenis Kulit Bayi "

Posting Komentar

 

Pijit Bayi © 2009 All Rights Reserved Baby Blog Designed by Ipiet | Images by Tadpole's Notez | Blog Templates created by Web Hosting Men