Selasa, 21 Maret 2017

Cara Pijat Bayi Yang Praktis


Melakukan pemijatan pada bayi tidak terlalu sulit. Pijatan pada bayi banyak memberikan manfaat yang baik terhadap kondisi bayi. Selain itu, pijatan menjadi salah satu bentuk ungkapan kasih sayang dari seorang ibu kepada anaknya. Untuk melakukan pijatan pada bayi tidak terlalu sulit dan semua ibu bisa melakukannya.


Gambar 1. Memijat Bagian Hidung Bayi

Langkah pertama adalah bagian kepala dan wajah. Pijat kening bayi secara lembut dari pelipis hingga pipi dengan gerakan seperti membuka buku. Dilanjutkan dengan daerah pangkal hidung turun sampai tulang pipi dan daerah kening dengan menggunakan ibu jari dengan gerakan secara memutar. Jangan lupa memberi pijatan yang lembut di atas mulut bayi dengan ibu jari dari tengah ke samping. Lalu tariklah hingga membuat tersenyum dan memijat lembut rahang bawah bayi dari tengah ke samping. Terakhir adalah memijat secara lembut di belakang telinga ke arah dagu.


Gambar 2. Memijat Bagian Perut Bayi

Pada bagian dada dan perut, letakkan kedua telapak tangan pada dada bayi. Pijatan dimulai dari atas kemudian ke bagian luar tubuh dan kembali ke tengah tanpa mengangkat tangan seperti membentuk hati kemudian kedua telapak tangan ke arah bahu seperti membentuk kupu-kupu. Lakukan pijatan bulan – matahari dengan membuat gerakan memutar ½ lingkaran searah jarum jam dengan telapak tangan kanan dan lanjutkan dengan tangan kiri sampai membentuk lingkaran penuh. Gerakan I Love U, dimulai dari perut kiri atas lurus ke bawah seperti membentuk huruf I. Lanjutkan dengan ujung telapak tangan mulai dari perut kanan atas ke kiri kemudian ke bawah membentuk huruf L terbalik. Selanjutnya, perut kanan bawah ke atas menuju perut kiri bawah seperti membentuk huruf U kemudian tekanlah dinding perut dari sebelah kanan ke kiri menggunakan ujung jari.


Gambar 3. Teknik Memerah Pada Bagian Tangan Bayi

Ada 3 teknik pijatan pada tangan yaitu memerah, memutar dan menggulung. Pijatlah dari bahu ke pergelangan tangan dan kembali lagi ke bahu. Dengan kedua ibu jari, pijatlah permukaan telapak tangan dan punggung tangan mulai dari pergelangan tangan, akhiri dengan menarik secara lembut jari-jari bayi. Teknik pijatan pada kaki sama dengan tangan. Dimulai dari paha ke pergelangan kaki dan kembali ke paha. Terakhir adalah menarik secara lembut jari-jari kaki bayi.


Gambar 4. Pijat Bagian Punggung Bayi

Langkah terakhir adalah memposisikan bayi secara tengkurap. Pada punggung bayi, telapak tangan tegak lurus dan lakukan gerakan-gerakan maju mundur. Akhiri pijatan punggung dengan memijat dari leher ke pantat dengan ujung-ujung jari.

Semua ibu pasti bisa melakukan pijatan terutama memberi pijatan kepada buah hati. Pijatan dari sang ibu akan membuat bayi terasa nyaman. Ibu harus bisa meluangkan sedikit waktunya untuk melakukan pijatan kepada bayi. Ibu bisa melakukannya setelah bayi tersebut selesai mandi. Melakukan pijatan kepada bayi tidak terlalu sulit asalkan pijatan tersebut bisa membuat bayi terasa nyaman. Ibu bisa mencoba melakukan pemijatan di rumah.

Oleh: Jenny
(Kirim pesan ke penulis)

Gambar:
  1. http://1.bp.blogspot.com/_kXu7snvzgkc/TSb1GIfUZpI/AAAAAAAAA3Q/2Sn-3Gqkfaw/s1600/pijat33.jpg
  2. https://healthalami.files.wordpress.com/2013/09/cute-baby-wallpaper-2.jpg
  3. http://4.bp.blogspot.com/_kXu7snvzgkc/TSWksIXotoI/AAAAAAAAA1o/cinU06xQvlc/s1600/pijat23.jpg
  4. http://1.bp.blogspot.com/_kXu7snvzgkc/TSb0qGuQ6QI/AAAAAAAAA2o/CqrRp5WXS_s/s1600/pijat38.jpg
Related Posts : bahu , bawah , bayi , gambar , huruf , ibu , ibu jari , jari , jenny , kening , kiri , lembut , pemijatan , pergelangan tangan , perut , pijat , pijatan , punggung , tangan , telapak

0 komentar on " Cara Pijat Bayi Yang Praktis "

Posting Komentar

 

Pijit Bayi © 2009 All Rights Reserved Baby Blog Designed by Ipiet | Images by Tadpole's Notez | Blog Templates created by Web Hosting Men