Kamis, 05 Oktober 2017

Berhati-Hati Dalam Memijat Kepala Dan Perut Bayi


Sudah terbit di: https://steemit.com/pijitbayi/@puncakbukit/berhati-hati-dalam-memijat-kepala-dan-perut-bayi

Teknik pemijatan pada bayi umumnya memberikan banyak manfaat yang baik bagi bayi seperti memperlancar peredaran darah dan membantu pembentukan otot pada bayi. Namun, ada bagian tertentu yang tidak boleh dilakukan pemijatan karena bisa menyebabkan kematian pada bayi.

Salah satu bagian terpenting yang tidak boleh dilakukan pemijatan adalah bagian kepala. Pada beberapa bulan, kepala bayi masih lunak sehingga bisa berakibat fatal jika dilakukan pemijatan. Pemijatan yang terlalu keras pada bagian kepala bayi bisa menyebabkan perdarahan otak yang bisa berakibat pada kematian. Sangat tidak dianjurkan pemijatan pada bagian kepala. Selain itu, pemijatan hanya boleh di sekitar wajah dan itu pun hanya sekedar usapan lembut pada bagian wajah. Saat memandikan bayi pun sebaiknya dilakukan secara perlahan-lahan pada bagian kepala.


Gambar 1. Bayi Yang Baru Lahir Tidak Boleh Dilakukan Pemijatan

Selain bagian kepala, perut adalah bagian yang tidak boleh dilakukan pemijatan. Namun sebagian banyak teknik pemijatan dilakukan pada bagian perut. Untuk mengantisipasi yang tidak diinginkan sebaiknya berhati-hati dalam melakukan pemijatan pada bagian perut. Pemijatan yang salah pada bagian perut bisa berakibat adanya kelainan pada organ-organ penting pada perut. Beberapa teknik pemijatan pada perut sebaiknya dilakukan secara benar dan perlahan-lahan. Salah satu kondisi di mana bagian perut tidak boleh dilakukan pemijatan adalah perut kembung pada bayi. Penyebab perut kembung sebenarnya bisa disebabkan oleh penyumbatan usus sehingga kondisi tersebut tidak boleh dilakukan pemijatan.

Beberapa rumah sakit sering menjumpai adanya bayi yang meninggal akibat salah dilakukannya pemijatan. Beberapa sumber juga mendapatkan kondisi bayi yang kejang, tidak sadarkan diri, dan kaku dan hal tersebut merupakan akibat salah dilakukannya pemijatan. RSUP Dr Sardjito mendapatkan selama 5 tahun terakhir 6 bayi telah meninggal karena perdarahan otak dan bayi yang mengalami gangguan fungsi otak lebih banyak.

Untuk mengantisipasi salah dilakukan pemijatan, sebaiknya carilah terlebih dahulu informasi sebanyak-banyaknya tentang berbagai teknik pemijatan pada bayi sehingga bisa dilakukan secara benar. Kenali terlebih dahulu kondisi bayi yang sedang sakit sebelum dilakukan pemijatan supaya kondisi bayi semakin parah.

Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, pilihlah dukun pijat bayi yang terpercaya. Belum semua dukun pijat bayi memahami teknik pijat bayi sehingga harus selektif dalam memilihnya. Jika ingin membawa bayi kepada dukun pijat bayi bisa mencari informasi terlebih dahulu dari ibu-ibu yang pernah membawa bayinya kepada dukun pijat bayi.

Informasi tersebut bisa menambah wawasan bagi ibu-ibu bahwa bagian kepala dan perut bayi sangat rawan dilakukan pemijatan oleh karena itu berhati-hatilah saat melakukan pemijatan. Tidak semua ibu mengetahui dampak dari terlalu kerasnya memijat bagian kepala dan perut bayi bisa menyebabkan kematian. Lakukanlah secara lembut dan perlahan-lahan dan tidak bermasalah jika tidak dilakukan pemijatan pada bagian tersebut.

Penulis:Jenny
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
http://lifestyle.kompas.com/read/2014/11/22/0940004/Salah.Pijat.Bayi.Bisa.Sebabkan.Perdarahan.Otak

Gambar :
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/a/a8/Newborn_baby-1_hour_after.jpg/640px-Newborn_baby-1_hour_after.jpg
Related Posts : bayi , dahulu , diinginkan , dukun , ibu , informasi , jenny , kematian , kembung , kepala , kondisi , lembut , otak , pemijatan , perdarahan , perlahan-lahan , perut , pijat , teknik , wajah

0 komentar on " Berhati-Hati Dalam Memijat Kepala Dan Perut Bayi "

Posting Komentar

 

Pijit Bayi © 2009 All Rights Reserved Baby Blog Designed by Ipiet | Images by Tadpole's Notez | Blog Templates created by Web Hosting Men